Komunikasi merupakan cara seseorang untuk berinteraksi, tanpa ada nya
komunikasi tentu saja orang akan kesulitan dalam berbicara satu sama
lain apalagi jika ada kepentingan pribadi, tentu saja kepentingan itu
tidak akan tercapai apabila setiap orang tidak dapat berkomunikasi
dengan baik . Begitu hal nya dengan komunikasi bisnis, komunikasi bisnis
merupakan cara seseorang untuk menyampaikan suatu pesan atau ide kepada
lawan bicara nya untuk membuat orang lain tersebut terpengaruh dan
menyukai apa yang ditawarkan oleh si penyampai, komunikasi bisnis ini
biasanya digunakan ketika acara ‘lobi’ ataupun ketika sedang bertemu
klien demi tercapai keuntungan dari bisnis si penyampai pesan.
Komunikasi bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis karena jika
mereka tidak mampu menguasai bagaimana cara untuk menyampaikan ide pada
saat yang tepat, bukan tidak mungkin ide mereka akan ditolak. Kebiasaan
para pebisnis dalam melakukan komunikasi yang hebat dan ‘pintar’
mengakibatkan setiap pebisnis rata rata dicap sebagai orang yang
‘bermulut manis’, awalnya saja baik baik belakangan nya justru
merugikan.
Komunikasi bisnis sejujurnya sulit dan membutuhkan pengalaman extra bagi
sang penyampai, karena yang disampaikan nya merupakan tanggung jawab
demi keuntungan perusahaan, mungkin jika tidak berhasil disampaikan bisa
bisa justru dipecat perusahaan. Dalam konteks sesungguhnya, komunikasi
bisnis mempunyai tujuan sebagai berikut :
Menyelesaikan masalah , dengan mengkomunikasikan
masalah bisnis yang baik tentu saja akan berakhir dengan baik, terkadang
terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang mengakibatkan
kesalahan dalam penyampaian.
Pengambilan kebijakan, jika tidak ada nya komunikasi
dalam suatu rapat tentang perusahaan, tentu saja tidak ada hasil yang
baik serta menguntungkan bagi setiap pihak. Diperlukan penyampaian yang
baik demi tercapai nya kepentingan bersama
Memberikan kesan positif bagi yang melihat, tentu saja
dengan memberikan penyampaian yang baik, serta terlihat dekat antara
satu sama lain akan menumbuhkan kesimpulan di mata orang bahwa
perusahaan itu mempunyai bos yang baik serta akur antara satu sama lain.
Memperkuat hubungan bisnis antara satu sama lain, tentu
saja dengan ada nya kedekatan antara satu sama lain akan menumbuhkan
rasa saling percaya dan sulit untuk berani menikun kawan nya sendiri
demi kepentingan pribadi.
Not easy like word, terkadang komunikasi bisnis sulit dilakukan
karena alasan grogi, atau malu malu ataupun belum siap dalam
menyampaikan suatu ide atau gagasan, hal yang ini menghambat dalam
komunikasi yang baik antara perusahaan sehingga menyebabkan terhambatnya
suatu kebijakan. Jika Anda malu malu dalam berkomunikasi dengan baik,
mungkin tidak salahnya untuk menyimak tips yang ada :
1.Percaya diri , ini hal yang paling utama dalam berkomunikasi karena
tanpa ada nya kepercayaan diri serta kemandirian dalam berbicara, sulit
bagi orang lain untuk memahami dan masuk ke dalam pikiran si penyampai,
karena jika tidak ada nya kepercayaan diri sulit untuk orang lain
mengerti maksud dan tujuan dari sang penyampai pesan tersebut.
2.Memahami situasi, hal ini juga penting karena jika Anda sebagai
pebisnis atau utusan tidak dapat memahami situasi yang sedang terjadi
pada suatu orang atau perusahaan lain, jangan harap Anda dapat diterima
apalagi dapat menerima ide serta gagasan Anda, mengurusi urusan interal
nya saja sedang sulit bagaimana mau menerima ide Anda? Pahami situasi
serta kondisi yang tepat.
3.Menyiapkan bahan dengan matang, tentu saja dengan persiapan yang cukup
serta penampilan yang baik akan menambahkan nilai lebih bagi Anda untuk
melakukan komunikasi bisnis dengan lawan bicara Anda, tanpa ada nya
penampilan dan persiapan yang baik, sulit bagi Anda untuk menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh lawan bicara Anda, persiapkan dengan
matang sehingga akan menghasilkan yang terbaik
4.Berdoa, mungkin hal ini terlihat sepele dan biasa saja,, tetapi jangan
anggap remeh sehingga Anda melupakan hal yang diinginkan Tuhan. Jika
tidak berdoa mungkin biasa saja, tetapi tentu akan sulit manusia untuk
menjadi lebih baik, karena semua nya berasal dari yang di atas sehingga
tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukannya. Serahkan semua
permasalahan Anda kepada Tuhan sehingga pasti akan terselesaikan asalkan
ada kemauan.
Ketika Anda berusaha semaksimal mungkin, pasti ada jalan untuk
mencapai kesuksesan. Kunci dari kesuksesan dalam melakukan komunikasi
bisnis adalah sering latihan sehingga Anda pun akan terbiasa dalam
melakukan hal ini. Pasti bisa !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar